Tuesday 12 February 2013

Mengenal Kegunaan dan Pengertian XHTML

Mengenal Kegunaan dan Pengertian XHTML...Okay sobat blogger,,, Setelah kemaren-kemaren menjelaskan tentang HTML dan Javascript pada kesempatan kali ini Blog joisetrick ingin berbagi sekilas penjelasan dari XHTML,, yang mana XHTML banyak kaitannya dengan HTML dan XML. Sebelumnya terlebih dahulu untuk menjelaskan apa itu yang dimaksud dengan XHTML..? Dari berbagai sumber yang telah saya baca dari buku yang berjudul “Belajar HTML dan XHTML serta XML untuk Desain Web”. XHTML adalah singkatan dari Extensible Hypertext Markup Language yang berguna sebagai bahasa pembuatan halaman web yang menggunakan ekspresi-ekspresi yang sama dengan HTML, kelebihannya adalah, XHTML juga mencocoki syntax XML.
xhtml
HTML merupakan pengaplikasian prinsip Standard Generalized Markup Language (SGML) merupakan bahasa markup yang fleksibel, sementara XHTML merupakan pengaplikasian prinsip XML, yang juga merupakan bagian dari SGML namun lebih spesifik.

Karena bentuknya yang lebih jelas, dokumen XHTML asli memungkinkan pemprosesan otomatis menggunakan tool XML yang memerlukan parser yang lebih kompleks dan khusus. XHTML bisa dianggap bagian antara HTML dengan XML mengingat XHTML merupakan reformulasi HTML dalam bentuk XML.

XHTML 1.0 telah direkomendasikan oleh World Wide Web Consortium (W3C) pada tanggal 26 januari tahun 2000. Kemudian diteruskan XHTML 1.1 pada tanggal 31 Mei tahun 2001. Kebutuhan untuk memformulasikan HTML disebabkan konten WWW sekarang cenderung harus bisa ditampilkan dibanyak piranti yang tidak memiliki browser standar (seperti piranti mobile).

Piranti-piranti tersebut kadang tidak memiliki dukungan sumber daya yang cukup untuk menampilkan halaman HTML seperti halnya di computer desktop konvensional.

Tujuan lain dari XHTML dan juga XML adalah untuk mengurangi kebutuhan untuk memparsing dokumen dari browser. Jika menggunakan HTML, browser berusaha untuk mengkoreksi apabila ada dokumen HTML yang tidak benar dalam penulisannya, hal ini tentu memakan sumber daya browser.

Adapun jika halaman XML yang dibuka dan ternyata terdapat eror-nya, maka browser hanya akan menampilkan tulisan “fatal eror”. Dengan menampilkan pesan eror dan tidak berusaha menampilkan konten yang tidak benar, akan membuat konten-konten yang isinya tidak benar bisa tidak ditampilkan.

Demikian artikel tentang Kegunaan dan Pengertian XHTML saya tulis, mungkin masih ada sedikit ataupun banyak kekurangannya. Maka dari itu saya mengharapkan masukan-masukan dari anda untuk memperbaikinya lagi melalui kotak komentar di bawah ini.

No comments:

Post a Comment